Minggu, 04 Oktober 2009

tEkNoLoGi TiK

Revolusi Informasi TIK
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam bidang pendidikan telah lama dilakukan di negara-negara maju. Di Amerika Serikat, misalnya, pemanfaatan computer dan jaringan computer telah dilakukan sejak tahun 1980-an. Setiap siswa mempunyai kesempatan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini ternyata berhasil meningkatkan hasil ujian, penurunan tingkat putus sekolah, dan penurunan tingkat ketidakhadiran di kelas.

Di Indonesia pemanfaatan Internet sebagai sarana pendidikan masih sangat minim. Untuk tingkat perguruan tinggi saja, hanya beberapa perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan itupun belum maksimal. Masih banyak aplikasi-aplikasi di Internet yang belum digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan yang dilakukan. Untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi jauh lebih minim lagi.

Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut.



1. Berbagi hasil penelitian

Teknologi informasi dan komunikasi, dalam hal ini khususnya Internet, telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang.



2. Konsultasi dengan pakar

Internet juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada di tempat lain. Hal ini menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah. Seorang mahasiswa di pulau Kalimantan yang sedang melakukan penelitian dapat berkonsultasi dengan seseorang dosen yang ada di pulau Jawa. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan e-mail, chatting, ataupun mailing list di internet.



3. Perpustakaan online

Perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di Internet. Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses ke sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu. Perpustakaan online memungkinkan seorang mahasiswa di Universitas Sumatra Utara dapat mengakses perpustakaan milik ITB.



4. Diskusi online

Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan di Internet. Aplikasi diskusi online memungkinkan para pelajar dapat saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul di suatu tempat. Diskusi online juga memungkinkan seorang pelajar dapat berdiskusi dengan seorang ahli.



5. Kelas online

Aplikasi kelas online dapat digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti Universitas Terbuka dan sekolah-sekolah terbuka (SMP Terbuka). Materi-materi pelajaran dibuat interaktif dan menarik sehingga kualitas belajar di kelas online tidak kalah dengan kualitas belajar di kelas biasa.



Keuntungan yang diperoleh oleh para peserta didik dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan antara lain :

1. Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian orang lain,

2. Akses ke sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah,

3. Akses ke para ahli menjadi lebih mudah karena tidak dibatasi oleh jarak dan waktu,

4. Materi-materi pelajaran disampaikan interaktif dan menarik,

5. Melalui belajar jarak jauh, kendala biaya dan waktu yang mungkin tidak dapat dihindari dengan pendidikan biasa, dengan mengikuti kelas online.



Selain memberikan keuntungan bagi para pelajar, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan keuntungan bagi lembaga pendidikan penyelenggara. Beberapa keuntungan yang diperoleh lembaga pernyelenggara antara lain :

1. Dapat saling berbagi hasil penelitian dengan institusi pendidikan lain,

2. Dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik,

3. Dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain melalui program jarak jauh.

4. Melalui perpustakaan online, biaya untuk menyediakan buku-buku di perpustakaan dapat dikurangi,

5. Dapat saling berbagi sumber ilmu dengan ilustrasi lain, misalnya dengan membuat perpustakaan bersama.

Selain pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh lembaga pendidikan formal, teknologi informasi dan komunikasi juga telah banyak dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga pendidikan informal sebagai sarana untuk pemberlajaran. Beberapa situs di Internet telah menyediakan bahan-bahan pelajaran yang diberikan secara gratis. Beberapa situs pendidikan yang dapat kita manfaatkan antara lain: situs ilmu computer (www.ilmukomputer.com) yang memuat bahan-bahan pelajaran khusus bidang teknologi informasi dan komunikasi, situs jaringan pendidikan (www.pendidikan.net), dan lain sebagainya.

Nah dengan adanya alat komunikasi kita bisa irit segalanya, misalkan dengan keperluan mendadak dan keadaan uang cukup menipis kepentingan yang begitu berat bisa terlaksana. Misalkan kita ada teman jauh yang jaraknya beratus kilo bahkan ribuan kilo kita bisa terlaksana secepat mungkin dan seirit mungkin. Semua alat tadi juga merupakan alat informasi contoh Hp apabila kita ada keperluan sangat mendadak kita bisa memberi informasi entah itu dari orang tua, teman atau saudara. Maka dengan mengikuti zaman yang sangat maju, kita tidak boleh menyerah harus berlomba-lomba dalam menuntut ilmu demi kemajuan kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar